TIKTOK MELUNCURKAN 'PROGRAM ARTIST IMPACT', BEKERJA SAMA DENGAN BEBERAPA PERJANJIAN DISTRIBUSI YANG AKAN MENGHUBUNGKAN ARTIS DENGAN BANYAK BERBAGAI BRAND
Program baru ini memungkinkan artis masuk dalam Perpustakaan Musik Komersial TikTok yang memberi kesempatan untuk menambahkan lagu-lagu yang sedang tren ke CML, dan memonetisasi musik di platform video pendek dengan memungkinkan perusahaan menggunakannya dalam kampanye iklan mereka di TikTok.
Menurut TikTok, program ini memberi para artis “peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk bisa ditemukan berkali-kali” oleh merek-merek melalui Perpustakaan Musik Komersialnya, yang kini sudah memiliki lebih dari 1 juta lagu dan suara yang hak ciptanya bersumber dari “jaringan kemitraan yang luas”.
Angka 1 juta lagu dan suara itu menunjukkan bahwa TikTok telah meningkatkan kumpulan konten dalam Perpustakaan Musik Komersialnya sebanyak 850.000 lagu yang haknya telah diperoleh sejak Oktober 2021, sementara TikTok menyatakan bahwa di perpustakaan itu tercatat ada 150.000 lagu yang haknya telah dibereskan.
TikTok telah mengkonfirmasi bahwa ‘Sound Partners’, yang dilaporkan pada tahun 2021, adalah program terpisah yang masih aktif dan berkelanjutan.
TikTok menyebutkan bahwa “talent terkenal” yang ada dalam Program Dampak Artis, termasuk Ciara, Akon, dan INJI.
Menurut TikTok, “banyak artis” seperti INJI, melalui Artist Impact Program, telah mampu memonetisasi musik mereka melalui Perpustakaan Musik Komersial, ditambah “membangun karier musik, mendapatkan kontrak rekaman, dan mendapatkan penggemar dan penonton di seluruh dunia”.
Untuk “mendorong kanal musik yang digerakkan oleh bakat dan artis di Perpustakaan Musik Komersial”, TikTok telah menandatangani sejumlah kemitraan distribusi global dengan perusahaan seperti Believe, DistroKid, dan Vydia.
Jaringan kemitraan distributor, label, dan penerbit musik Perpustakaan Musik Komersial termasuk 411 Music Group, Amadeus Code, Inc., Amuse Inc., Believe, Blowout Inc, Create Music Group, Danal Entertainment Co, Ltd, DistroKid, DowntownArtist & Label Services, Epidemic Sound, Falcon Music, Fuse Adventures in Audio, Heavy Duty, JK Records, Mound Media Inc., Music & New Co., Ltd., PT Musica, Score a Score, Songtradr, Steme Disintermedia, SoundOn, Sub Pop, Thematic, Two AM Music Global, dan Vydia.
“KAMI INGIN MEMBANTU MENGEMBANGKAN SYNC INDUSTRY UNTUK MEMANFAATKAN KECEPATAN DAN SKALA IKLAN DIGITAL DAN VIDEO PENDEK.” BRYAN COSGROVE, TIKTOK
“Tujuan kami adalah menyediakan perpustakaan musik yang aman namun luas bagi brand untuk digunakan dalam konten mereka, sekaligus membuka aliran pendapatan baru bagi artis yang mendukungnya,” jelas Bryan Cosgrove, Direktur Musik Komersial & Lisensi Kreatif di TikTok.
Cosgrove menambahkan, “Kami berupaya membantu mengembangkan industri sinkronisasi untuk memanfaatkan kecepatan dan skala periklanan digital dan video berdurasi pendek.
“Ambisi kami adalah menjadikan TikTok sebagai tempat bagi setiap orang untuk bisa menemukan pertumbuhan dan peluang. Kami berharap sumber daya musik kami yang kuat akan membantu upaya ini.”
Terkait kesuksesan INJI yang meluncurkan lagu viralnya Gaslight di Perpustakaan Musik Komersial melalui DistroKid pada bulan April 2022, TikTok melihat lonjakan penggunaan pada beberapa merek seperti SKIMS yang memasukkan lagunya ke dalam kampanye mereka. Keputusan ini menghasilkan “pembayaran yang stabil dan konsisten”.
Di akhir tahun nanti, menurut TikTok, Gaslight akan punya lebih dari 14 miliar penayangan dan 3 juta pembuatan video. TikTok mengatakan bahwa 65% dari penayangan tersebut dan 57% dari 'penciptaan berdasarkan video tersebut” berasal dari bisnis yang menggunakan suara dari Perpustakaan Musik Komersial.
“Memasukkan musik saya ke Perpustakaan Musik Komersial benar-benar merupakan perubahan besar bagi saya,” kata INJI. “Saya memasukkan lagu pertama saya ke dalam CML, sehingga bisa digunakan oleh brand dalam konten mereka, dan lagu itu jadi bisa didengar oleh lebih banyak orang ketimbang dengan cara penyebaran yang biasa.”
INJI menambahkan, “Dampaknya luar biasa buat saya. Ketika saya menyenandungkan lagu saya Gaslight, BANYAK orang bilang bahwa mereka mengenalinya dari TikTok.
“Membuat lagumu jadi nge-trend adalah cara yang asik untuk bisa menyebarkannya secara luas. Tetapi CML juga tidak kalah. Eksposur mungkin bisa jadi sumber daya paling penting bagi artis di tahap awal, dan CML mampu memberi eksposur pada lagumu.”
“KAMI SANGAT SENANG BERMITRA DENGAN TIKTOK DI PERPUSTAKAAN MUSIK KOMERSIALNYA, KARENA KAMI YAKIN TIKTOK AKAN MENCIPTAKAN PELUANG SINKRONISASI YANG BARU DAN MENARIK BAGI SELURUH ARTIS BELIEVE, DAN MEMUNGKINKAN MUSIK MEREKA MENJANGKAU PENONTON YANG ADA SAAT INI DAN YANG BARU SECARA GLOBAL.” PETE BECK, BELIEVE
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan TikTok dalam Perpustakaan Musik Komersialnya karena kami yakin hal ini akan menciptakan peluang sinkronisasi baru dan menarik bagi semua artis Believe, dan memungkinkan musik mereka menjangkau audiens baru dan yang sudah ada secara global,” kata Pete Beck, Global Head of Sinkronkan di Believe.
“MEMBUKA PINTU BAGI PARA ARTIS IKUT DALAM PERPUSTAKAAN MUSIK KOMERSIAL TIKTOK, JELAS AKAN LEBIH MEMPERLUAS JANGKAUAN ARTIS, DAN MENGHUBUNGKAN ARTIS DENGAN BRAND LEWAT CARA YANG CANGGIH DAN KUAT.” MIKE FINK, DISTROKID
Mike Fink, Head of Creator Services, DistroKid, menambahkan, “Membuka pintu bagi artis ikut serta dalam Perpustakaan Musik Komersial TikTok akan semakin memperluas jangkauan artis, dan menghubungkan artis dengan merek dengan cara yang paling mutakhir dan kuat.”
“MELALUI KEMITRAAN VYDIA DENGAN TIKTOK, KAMI BERHARAP DAPAT MENDUKUNG PROGRAM INI SAMBIL TERUS BEREKSPANSI KE PASAR YNG BARU.” BRENDAN LUSTENRING, VYDIA
Brendan Lustenring, Direktur Label & Hubungan Artis di Vydia, mengatakan, “Sebagai pengguna awal Perpustakaan Musik Komersial dan Program Dampak Artis TikTok, Vydia telah melihat hasil luar biasa bagi artis dan label independen kami, termasuk paparan pada brand-brand besar, peningkatan kolaborasi, dan kolaborasi, serta sumber pendapatan baru.
“Kesuksesan ini menjangkau berbagai genre, termasuk Pop, Alternatif, R&B, Country, Latin, dan Afrobeat, dan terus menciptakan peluang luas bagi komunitas kami.
“Melalui kemitraan Vydia dengan TikTok, kami berharap dapat mendukung program ini karena program ini terus berkembang ke pasar baru.”
MBW